Tuesday, September 25, 2018

Nyanyi Lagu ABBA Sambil Joget di Jepang: Sebuah Pelampiasan Katarsis Pasca Putus Hubungan


Pernahkah anda menonton video klip lagu "Everytime" yang dinyanyikan oleh boy pablo?

Jika anda menjawab "ya", maka beruntunglah. Besar kemungkinan anda akan paham dengan poin-poin yang akan saya sampaikan.

Jika belum, stop buang-buang waktumu. Tonton sesegera mungkin! Nikmat estetika mana lagi yang kau sia-siakan?

Saturday, December 23, 2017

Kalkun, Unggas dengan Identitas yang Tidak Jelas


Ilustrasi Kalkun (Credit: Angeline)

Kalkun bukanlah hewan yang populer di Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, unggas tersebut kalah pamor dengan ayam yang notabene masih satu ordo Galliformes. Akui sajalah, kalian yang di Indonesia pasti lebih sering melihat ayam daripada kalkun, baik ternak maupun yang berkeliaran. Memang masih jarang ada peternak kalkun di Indonesia. Selain itu, ayam telah berhasil lebih dulu menguasai Indonesia dari segi budaya kulinernya. Tiap Lebaran, hidangan opor ayam jauh lebih umum jika dibandingkan dengan olahan daging kalkun. Bahkan, Natalan di Indonesia pun belum tentu dirayakan dengan makan kalkun ramai-ramai. Tidak seperti Amerika Serikat yang setiap tahun rutin merayakan Thanksgiving dan Natal dengan menyantap kalkun yang gemuk, bukan ayam kampung yang hingga kini menempati kasta tertinggi kualitas daging ayam di Indonesia.

Thursday, April 13, 2017

Keluh Kesah Karena Penat Menyengat

Oh God! I really miss my blog! It’s been a while since my last post on this blog.

(Sebelum lanjut, ada baiknya jika kalian menyetel lagu yang telah aku sematkan di bawah sembari membaca tulisanku ini).


Sang Kala selalu tak habis-habis memaksaku untuk bersibuk-sibuk ria tanpa memberikanku waktu luang untuk menulis di blog ini. Di semester ini saja, aku sudah mulai mengurusi proposal skripsi. Belum lagi sejak Februari kemarin aku mulai magang di sebuah media daring berskala nasional yang kebetulan memiliki kantor di Surabaya.

Wednesday, February 1, 2017

Pralaya Garda Marcapada

          Pada jaman dahulu kala, ada seorang janda miskin bernama Mbok Rondo yang hidup di desa. Pekerjaannya sehari-hari hanyalah mencari dan menjual kayu bakar. Mbok Rondo hidup sebatang kara dan kesepian. Ia ingin sekali memiliki seorang anak walaupun sudah lama ia telah ditinggal mati oleh suaminya. Hingga pada suatu hari ia memutuskan untuk meminta tolong kepada seorang raksasa sakti yang hidup di dalam hutan yang sangat lebat. Ia berharap agar sang raksasa mau mengabulkan permintaannya itu.

Monday, January 30, 2017

Haruskah Kita Mencoreng Citra Seseorang yang Kita Benci?

Jangan pernah menghina sekelompok orang yang memiliki pandangan yang bertentangan denganmu. Sekalipun pandangan tersebut bagimu terasa menjijikkan dan rendah sekalipun.

Karena justru dari hinaan dan caci-maki itulah, kelompok yang engkau benci tersebut mampu memosisikan dirinya sebagai kelompok yang tertindas. Terlebih dengan adanya kalimat "orang yang berada di jalan yang benar akan selalu dicaci-maki orang banyak." Hinaan yang kau lontarkan justru mampu menjadi justifikasi bagi mereka untuk memperjuangkan pandangan hidup mereka yang bisa saja memang tidak kompatibel dengan hajat hidup orang banyak yang meskipun berbeda ragam, namun sama-sama mengharapkan kehidupan yang damai.

Dengan kata lain, mulutmu harimaumu. Hinaan yang kau lontarkan menjadi makanan yang menghidupi mereka. Bumerang itu nyata, kawan.